Minggu, 14 November 2010

Peran probiotik dalam kesehatan

Probiotik berarti mikroorganisme yang berguna, dan kalau konteksnya adalah pangan, berarti makanan atau minuman yang berisi mikroorganisme-mikroorganisme hidup yang diharapkan begitu masuk dalam tubuh akan dapat berguna dan meningkatkan kesehatan tubuh. Contohnya adalah minuman yoghurt yang mengandung Lactobacillus Bulgaricus Sp. yang dapat meningkatkan ketercernaan laktosa susu dan meningkatkan asam laktat yang membantu pencernaan dalam tubuh (walau tidak sampai ke usus) dan Lactobacillus Acidophilus Sp. yang mampu menembus asam lambung dan hidup membentuk koloni di usus serta membantu pencernaan. Lactobacillus Casei Shirota yang terdapat dalam minuman yakult juga dapat meningkatkan populasi da kolonisasi bakteri probiotik lain seperti Bifidobacteria
Dalam beberapa penelitian yang pernah dilakukan terhadap probiotik khususnya Lactobacillus Casei Shirota , memberikan manfaat yang sangat besar. Penelitian oleh Hideki Ishikawa, dkk(2005)menunjukkan bahwa pemberian L. casei shirota pada pasien yang menjalani pengangkatan tumor kolorektal selama 4 tahun memiliki resiko munculnya kembali tumor kolrektal. Studi yang dilakukan oleh Roncucci, dkk , melaporkan pemebrian L.casei shirota dapat meningkatkan imunitas tubuh dengan menghamba enzin yang terlibat dalam karsinogenesis.
Secara tidak langsung, probiotik mengurangi resiko kanker kolorektal dengan membrikan efek positif dalam melawan colitis ulseratif. In vitro, Lactobacillus casei shirota dan senyawa polysaccharide-peptidoglycan(PSPG)-nya menghambat produksi IL-6 pada lipopolysaccharide stimulated PBMNC, yang diisolasi dari pasien colitis ulseratif. Dalam jurnal Applied and Environmental Microbiology, Juni 2005 menunjukkan secara laboratorium, L. casei shirota dapat menghambat perlekata bacteri E.coli pada usus. Pada penderita penyakit Crohn lebih dari 36% pasien memiliki lesi di usus yang berisi bakteri E. Coli.
Disunting dari Ethical Digest No. 80 Tahun VIII,edisi Oktober 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar